MENJADI SISWA YG BERHASIL

(Yosua 1:6 - 9)
......maka engkau akan berunung dan berhasil ( ayat 8b)
Tuhan mengetahui keadaanmu. Saat engkau susah, saat diambang putus asa bahkan saat gagal sekalipun. Tuhan pun mengetahui bahwa kamu sudah sudah berjuang dengan luar biasa. belajar dari pagi sampai malam hari. Kamu sudah menghubungi semua teman yang kamu miliki. Bahkan kamu sudah less dan prifat yg memakai metode muktahir..., tetapi anda tidak mengalami yg tak berarti! Anda gagal dan putus asa? Kamu tidak sadar, kegagalan dan putuas asa saudara ternyata karena salah anda sendiri. Anda selama ini hanya mengandalkan pikiran dan kekuatan sindiri ( Yeremia 17:5-6). Jika anda terus bertindak seperti itu, penderitaan anda akan semakin dalam. Bahkan menjadi terkutuk dihadapan Tuhan.
Saudara.......Jangan putus asa! Putar haluan anda saat ini juga! Hampiri hadirat-Nya dan katakan kepada Tuhan : "Tuhan, aku membutuhkan Engkau. Aku sudah berdosa karena menyombongkan diri dihadapan-Mu. Aku mencoba mengandalkan diri dan hikmatku. Ternyata mengandalkan diriku sendiri tersnyata sia-sia tak menghasilkan apa-apa. kini saya berserah kepada-Mu". Saudara, jika anda bertutur jujur dan bertelut tersungkur, anda sedang melakukan sebuah langkah manjur. Dan jika kemudian engkau menaikkan mazmur dan memuji Tuhan Yesus Kristus dengan ucapan syukur, engkau akan dibimbingnya bertindak terukur, dibuat-Nya engkau makmur dan engkau akan menikmati panjang umur. Percayalah!!
Saudara, jika anda sudah melakukan bagian Tuhan dan hidup sesuai metodenya Tuhan engkau akan menikmati tuntunan-Nya yang membawa kemenangan. Tuhan Yesus Kristus akan menyatakan kuasa-Nya yg dahsyat itu didalam pekerjaan dan hidup anda. Dia akan terus mengurapi dan menolong anda dengan penyataan-Nya yang luar biasa.
Dalam nats diatas dituliskan: Janganlah engkau lupa memperkatakan Taurat ini tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindakhati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung (Yosua 1:8) Ada beberapa  hal yang kita temukan dari ayat ini yang dapat kita aplikasikan dalam hidup sehari-hari, yaitu:
Pertama, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai untuk setiap akifitas sosial akan membuat kita menikmati standar mutu rohani serta menuai penghasilan yang jauh lebih baik. Hasil yang kita dapat berlipat ganda dan kita leluasa menikmati hasil tersebut.
Kedua, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai akan mendorong kita untuk bertindak hati-hati, cerdas dan kreatif. Firman Tuhan akan memampukan kita mengekselerasi tugas dan panggilan hidup masing-masing. Bersama Tuhan dan firman-Nya kita akan sukses, tetapi diluar Tuhan dan firman-Nya, kita pasti gagal dan menjadi pecundang ( Yesaya 42:6a).
Ketiga, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai akan memastikan setiap perjalanan menunaikan panggilan, baik sebagai pelayan Tuhan, sebagai karyawan, sebagai pebisnis dan sebagai anggota keluarga, akan berhasil. Yang lemah menjadi kuat, yang kurang pendidikan akan lebih berhikmat dan yang tersesat akan menemukan jalan (Mazmur 119:94-104).
Sejak dahulu kala, mulai dari zaman Abraham, Ishak dan Yakub sampai zaman sekarang semua kesaksian menegaskan, tak ada orang yang sia-sia mengikut Tuhan Yesus Kristus. Angin kencang memang kerap mengancam, hujan dan badai pun sering menghadang, tetapi untuk setiap orang percaya, semuanya menghasilkan pelangi kehidupan yang indah. Setiaporang yang takut akan Tuhan, yang lemah akan menjadi kuat, yang kurang hikmat akan memiliki hikmat melebihi orang tua, cerdas, berpengetahuan luas dan menjadi pemenang, Haleluya. Selamat berjuang saudaraku, doaku menyertai saudara, Amin.

Tugas siswa/siswi: (khusus utk kelas 11)
1.Tuliskanlah beberapa yang hal yang membuat kamu kuatir dan tuliskan pula hal yang membuat kamu sangat yakin sehingga menjadi sombong. Jika kamu dikuasai putus asa apa yang harus kamu lakukan? Dan Bagaimana biasanya sikap orang saat mereka putus asa? Carilah dua ayat firman Tuhan yang dapat membuat kamu tidak larut dalam putus asa.

2. Apakah yang dimaksud dengan siswa yang mengandalkan manusia (kekuatan sendiri) dan siswa yang mengandalkan Tuhan. Jelaskan pula pengertianmu mengenai "terkutuk" dan "diberkati".

3.Menurutmu apakah yang dimaksud dengan 'firman sebagai landasan hidup' dan jelaskan mengapa dengan membuat firman sebagai landasan hidup, kita menjadi berhasil dan beruntung?

4. Bacalah kembali kitab Mazmur 119:97-104, jelaskanlah dengan pengertianmu sendiri nats tersebut ayat per ayat.

5. Sebutkanlah yang kamu ketahui tentang Abraham, Ishak dan Yakub dan jelaskanlah perhal yang membuktikan betapa mengikut Tuhan itu tidak sia-sia. Jelaskan pula makna ayat yang tertulis di dalam kitab 1 KORINTUS 15:58. Dan ayat yg tertulis di Kisah rasul 4:12 dan 16:31.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULANGAN HARIAN

SOAL Ul harian smtr GANJIL kls X, Tahun 2022-2023.

ULANGAN HARIAN AGAMA KELAS XI TAHUN AJARAN 2016-2017