ULANGAN HARIAN

Ulangan Harian II, Smtr Ganjil Thn 20211-2022.

Tuhan Yesus Kristus memanggil Setiap pria dan wanita berkeluarga diberkati dan menjadi berkat. Melalui keluarga yang diberkati diharapkan Visi Tuhan untuk dunia 'semua bangsa menjadi murid-Ku' dapat leluasa diwujudkan.
Arti keluarga. Menurut bhs Indonesia, keluarga adalah ibu dan bapak beserta anak-anaknya atau seisi rumah. Sementara arti istilah rumah tangga ialah sesuatu yang berhubungan dengan urusan keluaraga lebih bersifat ekonomis yaitu sesuatu yg berhubungan dengan belanja.
Menurut Suhendi keluarga berarti suatu kelompok yg terdiri dari dua atau tiga orang atau lebih yang diikat oleh ikadan darah, perkawinan atau adopsi dan tinggal bersama.
Jadi persamaan antara keluarga dan rumah tangga tampak pada:
keluarga merupakan kelompok atau persekutuan sosial yg paling kecil
keliuarga terbentuk melalui ikatan darah atau perkawinan
keluarga berawal dari dua orang yang berlainan jenis kelamin. 
Secara fungsi, keluarga terdiri dari 9 fungsi, yaitu:
1. Fungsi Keluarga. 
Setelah sebuah keluarga terbentuk, anggota keluarga memiliki tugas masing- masing. Suatu pekerjaan yang harus dilakukan dalam kehidupan keluarga inilah yang disebut  sebagai fungsi. Adapun  fungsi keluarga adalah sebagai berikut. (Suhendi, 2001:44-52)
a.  Fungsi biologis
b.  Fungsi sosialisasi anak
c.  Fungsi afeksi
d.  Fungsi edukatif
e.  Fungsi religius
f.   Fungsi protektif
g.  Fungsi rekreatif
h.  Fungsi ekonomis
i.   Fungsi status social

FUNGSI KELUARGA MENURUT IMAN kRISTEN:
 a. Keluarga sebagai pusat pembentukan kehidupan rohani. Dari keluarga kita mempelajari pola-pola hubungan akrab dengan orang lain, nilai-nilai, ide dan perilaku yang berproses hari demi hari, tahun demi tahun. Bahkan salah satu faktor yang mempengaruhi karakter orang adalah keluarga. Di samping keluarga juga ada terdapat sekolah, gereja, kelompok masyarakat yang juga berperan membentuk jati diri dan kehidupan rohani.
b.  Keluarga  sebagai  tempat  bernaung  kudus.  
Maksudnya  adalah keluarga merupakan tempat penerimaan,  pembinaan,  pertumbuhan yang memberdayakan anggota-anggota keluarga untuk berperan serta dalam tindakan kasih dan penyelamatan Allah yang terus berlanjut. Bukan berarti kita  mencintai   dan  memuja  dan  mengisolir  diri  terhadap   masyarakat, tetapi sebaliknya menjadi tempat bernaung kepada anggota keluarga untuk memberikan bimbingan, pertolongan dan penyelamatan untuk lingkungan.
c. Keluarga yang mencerminkan kasih Allah secara holistik. Di sini kehidupan keluarga perlu ditata untuk  mencerminkan  atau merefleksikan kasih Allah yang memberikan pengasuhan secara fisik, mental/emosional, sosial, spiritual/ rohani kepada para anggotanya. Hal ini juga dikenal sebagai kasih Allah yang bersifat holistik. Hubungan-hubungan di dalam keluarga yang memberi tempat kepada ciri khas, sifat dan tujuan masing-masing anggota secara alamiah adalah hal yang penting. Dari cara pandang iman, maka cara kita saling berhubungan seharusnya menjadi perwujudan kasih Allah terhadap sesama sebagai anggota keluarga.
d.  Keluarga sebagai pencerita. Keluarga adalah pencerita yang alamiah dimana orang yang lebih tua (kakek, nenek, ayah, ibu) adalah pencerita utama untuk menceritakan karya-karya Allah di dalam keluarga sebagai kabar kesukaan. Orang tua yang bercerita adalah bagian dalam kebudayaan kita yang seringkali kita abaikan.


Selain fungsi tersebut keluarga Kristen dipanggil Tuhan menyadari peranan keluarga guna membentuk kepribadian anak yang kudus dan berkarakter, yaitu
1. Keluarga Sebagai teman sekerja Allah
2. keluarga sebagai lembaga pendidik pertama dan yang utama
3.Keluarga sebagai wadah anggota keluarga dalam mengekspresikan kasih, kesetiaan dan penghormatan. Karena hal itu penting setiap keluarga harus melibatkan Tuhan dalam seluruh gerak dan hidup keluarga sebab dengan demikian sangat bermafaat besar dalam berkat jasamani dan rohani serta emosi anggota keluarga, seperti:
a. Di dalam setiap keluarga kristiani ada berkat Tuhan (2 Samuel 6:1-11)
b. Selalau ada pengampunan yang tanpa batas dikeluarga (Efesus 1:7; Mat 19;...?)
c. Annggota keluarga menikmati pembaharuan yang terus menerus (Efesus 4:17-20)

Untuk itu guna membangun keluarga yang berbahagia berhasil dan berkemenangan, setiap pria dan wanita yang ingin berkeluarga perlu menunjukkan berbagai indikator rohani, seperti yg tertulis di kejadian 2;24 yaitu:
*meninggalkan ayah dan ibunya
*Bersatu dengan pasangan sampai maut yg memisahkan
*menjadi satu daging, (Tidak ada pihak ketiga)

Dalam Kejadian 1:26-28, Tuhan menetapkan tahapan pernikahan (berkeluarga) yang selaras dengan rancangan Tuhan.

SOAL ESAI

1. sebutkan arti 9 fungsi yang diatas........

2. Bacalah Bagian bagian ALKITAB dibawah ini:
  **Mazmur 128:1-6. Tuliskan rahasia dan dampak keluarga yg takut akan Tuhan MENURUT AYAT TERSEBUT
  **Kitab Efesus 5:22 sd 6:1-3: tuliskan bentuk sikap antar anggota keluarga ( suami dengan istri dan sebaliknya; antara orantua dengan anak dan sebaliknya)
  ** Kejadian 1:26-28: Tuliskan 3 tahapan berkeluarga / menikah seperti yg ditetapkan Tuhan di ayat t     
  *Kejadian 24:1-67: Tuliskan syarat pasangan yang dikehendaki Tuhan
  * Yohanes 2:1-12 : Jelaskan secara panjang lebar tentang kasus yg dialami 
     keluarga tersebut dan dengan cara bagaimana keluarga itu bisa mengatasi 
     masalah yg terjadi.


JAWABAN TULIS DI LEMBARAN. Kemudian lembaran jawaban  dibubuhi tanda tangan yg besar menimpa tulisan jawaban, pake pen warna jika ada.
Yg PTTM  boleh dikerjakan diteras kelas atau di perpus.
 Kirim ke alamst email: wh3020572@gmail.com. Kirim saat jam agama masing2. Diluar jam tdk laku..
  
Selamat Mengerjakan........... 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL Ul harian smtr GANJIL kls X, Tahun 2022-2023.

ULANGAN HARIAN AGAMA KELAS XI TAHUN AJARAN 2016-2017